5 Tips Liburan Karimun Jawa Bagi Pemula

Tips liburan ke Karimun Jawa ini wajib kamu ketahui sebagai orang yang baru pertama kali datang ke kepulauan di Laut Jawa ini.

Gak cuma ke Karimun Jawa, sebelum liburan kemana pun, kamu harus cari informasi sebanyak-banyaknya tentang destinasi wisata kamu.

Hal ini dilakukan agar liburan kamu tetap seru, lancar, dan tanpa kendala yang bikin liburan kamu jadi gak asik.

Dan ini 5 tips liburan ke Karimun Jawa bagi kamu pemula yang baru pertama kali datang ke destinasi ini.

Apa Itu Karimun Jawa?

Karimun Jawa berlokasi di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Luas daratannya sekitar 1.500 hektare dan perairannya sekitar 110.000 hektare.

Sekarang, Karimun Jawa udah jadi destinasi wisata yang lagi ngehits buat wisatawan lokal dan mancanegara, terutama buat Taman Laut.

Katanya sih, menurut cerita rakyat setempat, Karimunjawa ditemukan oleh Sunan Nyamplungan.

Awalnya, Sunan Muria ngasih tugas ke Amir Hasan buat ngembangin ilmu agama di sebuah pulau yang terlihat kremun-kremun (kabur) dari puncak Gunung Muria.

Karena keliatan kabur gitu, akhirnya dinamain Karimun Jawa deh sampe sekarang.

Amir Hasan yang kemudian dikenal sebagai Sunan Nyamplungan, menanam tanaman Nyamplung di sana, yang katanya bagus buat pemecah angin. Keren ya, bisa ngembangin pulau sekaligus manfaatin sumber daya alamnya

Tips Liburan ke Karimun Jawa Bagi Pemula

Tips Liburan Karimun Jawa Bagi Pemula

Liburan ke Karimun Jawa emang seru banget pastinya, apalagi kalau liburan beramai-ramai dengan teman-teman kamu.

Nah, bagi kamu yang punya rencana atau udah berandai-andai akan liburan ke kepulauan cantik ini, kamu wajib tau tips-tips ini biar liburan kamu makin asik.

1. Perhatikan Waktu Kunjungan

Tanggal yang tepat untuk pergi ke Karimun Jawa dari Semarang tergantung pada jenis transportasi yang akan digunakan.

Jika menggunakan kapal KMC Kartini, pilihan yang baik adalah pada hari Sabtu atau Kamis karena kapal tersebut hanya berangkat pada hari-hari tersebut.

Sementara itu, pesawat Cessna berangkat pada hari Kamis dan Jumat dari Semarang.

Namun, jika tidak bisa pergi pada hari itu, maka harus pergi ke Kabupaten Jepara terlebih dahulu.

Di sana terdapat dua jenis kapal feri, yaitu Express Bahari dan Siginjai, yang hanya memiliki satu jadwal keberangkatan per harinya.

Jadi, jika melewatkan kapal, harus menunggu hingga keesokan harinya.

2. Siapkan Rencana Liburan yang Jelas

Tips liburan ke Karimun Jawa selanjutnya adalah sebaiknya rencanakan perjalananmu minimal satu minggu sebelum keberangkatan, terutama jika kamu datang saat puncak liburan bulan Juni-Agustus.

Jangan sampai penginapan atau homestay yang kamu inginkan penuh terisi oleh orang lain.

Karena biasanya orang-orang yang berlibur di Karimun Jawa tinggal lebih dari sehari, maka jika penginapan yang kamu inginkan sudah penuh, kamu harus menunggu lama untuk bisa menempati penginapan yang lain.

Sama halnya dengan pemesanan transportasi, seperti sewa motor atau mobil, sebaiknya juga dipesan jauh-jauh hari.

Jangan sampai nanti di destinasi kamu tidak mendapat kendaraan yang kamu inginkan.

Oleh karena itu, sebisa mungkin rencanakan segalanya dengan matang dan pesan segala sesuatunya jauh-jauh hari agar tidak kehabisan dan bisa menikmati liburanmu dengan tenang.

3. Selalu Siapkan dan Bawa Alas Kaki

Tips Liburan Karimun Jawa Bagi Pemula

Kalau kamu lagi main ke pantai di Karimun Jawa, jangan lupa untuk selalu pakai alas kaki ya.

Soalnya, risiko luka pada kaki akibat karang cukup tinggi kalau kamu jalan-jalan di pantai tanpa alas kaki.

Karang itu kan mengandung beberapa zat yang bisa meninggalkan protein hewani dan bahan berkapur pada luka kalau kena tergores.

Nah, selain itu, kalau kamu sampe terluka saat berada di laut, kulitmu bisa terbuka dan terpapar sama patogen yang mungkin ada di air.

Jadi, mendingan jaga-jaga deh pakai alas kaki biar terhindar dari risiko yang gakdiinginkan.

Cuma itu tadi kalau kamu lagi main di pantai yang punya karang ya.

Kalau di pantai yang pasirannya landai atau di pinggir kolam renang sih gak terlalu masalah kalau nggak pakai alas kaki. Tapi tetep aja sih, lebih baik kalau pakai alas kaki biar kaki kamu gak apa-apa.

4. Wajib Cobain Jelajah Pulau

Tips Liburan Karimun Jawa Bagi Pemula

Karimun Jawa punya 27 pulau dengan karakteristik masing-masing yang berbeda.

Rugi deh kalau kamu gak jalan-jalan ke pulau-pulau itu, apalagi buat kamu yang baru pertama kali ke sini.

Ada paket tur yang cuma Rp150.000 – Rp250.000, udah bisa jelajah ke 4 pulau, snorkeling di Pulau Menjangan Kecil, makan siang, main dan bersantai di Pulau Cemara Kecil yang lautnya dangkal dan jernih, snorkeling di Karang Tengah, dan main dengan hiu di penangkaran hiu Pulau Menjangan Besar.

Ketika kamu jalan-jalan ke pulau-pulau itu, kamu bisa merasakan deburan ombak yang menyentuh pasir putih, melihat keindahan karang yang ada di dalam laut yang jernih banget, dan menikmati gradasi warna langit dan laut yang bikin kamu jadi nggak bisa berkata-kata.

Pasti deh kamu bakalan merasa betah dan gak mau pulang lagi dari Karimun Jawa.

5. Selalu Sedia Sunscreen dan Obat Masuk Angin

Tips liburan ke Karimun Jawa yang terakhir adalah jangan lupa bawa obat masuk angin dan sunscreen ya kalau mau liburan ke Karimun Jawa!

Udara di sana kan sering berangin dan panas, jadi kalau kondisi tubuh kamu lagi kurang fit, kemungkinan besar kamu bakal masuk angin.

Jadi, siapkan obat masuk anginmu biar gak ganggu aktivitas liburanmu di sana.

Selain itu, kalau gak mau kulitmu terbakar matahari saat liburan, pakai deh sunscreen sebelum beraktivitas di bawah terik matahari.

Udah pasti cuaca di Karimun Jawa bakalan terik banget, apalagi kalau lagi di pantai atau laut.

Nah, supaya kulitmu gak terbakar atau rusak akibat terlalu banyak terpapar sinar matahari, wajib pakai tabir surya yang sesuai dengan kulitmu

Itu dia 5 tips liburan ke Karimun Jawa yang harus kamu ketahui sebagai wisatawan pemula di kepulauan cantik ini.

Yang terpenting sih, kamu udah mempersiapkan semua rencana liburan kamu dengan rapi dan tentunya lepas dari kerjaan kantor, supaya kamu gak ditelpon bos kamu saat liburan, haha!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bacaan Populer!

Kategori