Daftar Stasiun di Jakarta Selatan

Ini dia daftar Stasiun di Jakarta Selatan yang wajib kamu ketahui khususnya untuk kamu railfan yang suka jalan-jalan ke daerah Jaksel!

Dengan banyaknya moda transportasi umum khususnya di daerah Jabodetabek, kayaknya kereta api masih banyak menjadi pilihan bagi milenial untuk berpergian.

Gimana enggak, pada tahun 2023 lalu, KAI Commuter Line (KRL) Jabodetabek mencatat total keseluruhan penumpang KRL Commuter Line menpai 290.890.677 penumpang.

Hal ini gak lepas dari harga dari moda transportasi umum satu ini yang terjangkau, jangkauan rute yang luas dan beragam dan juga mudahnya akses ke stasiun.

Nah, khusus kamu warga Jabodetabek yang suka main atau mau main ke Jaksel, tapi bingung untuk berhenti dimana, kayaknya harus deh ngecek artikel kita satu ini!

Daftar Stasiun di Jaksel

Jaksel oh Jaksel, siapa sih yang gak tau daerah satu ini? Daerah yang terkenal dengan banyaknya tempat hangout dan juga hiburan malam ini tetap menjadi salah satu tujuan milenial untuk menghabiskan akhir pekan.

Gak cuma orang-orang yang tinggal di daerah Jaksel nih yang suka main kesini, pasti banyak dari kamu yang tinggal di Jabodetabek yang suka juga nongkrong disini.

Nah, salah satu cara yang paling asyik sih dengan naik KRL atau MRT, soalnya simpel dan juga punya banyak stasiun yang bisa kamu sambangi.

Di Jakarta Selatan sendiri, ada 2 jenis stasiun, yaitu stasiun KRL dan juga stasiun MRT, gak pake lama lagi langsung kita cek aja daftar stasiun di Jakarta Selatan yang udah En’s Min rangkum untuk kamu!

1. Stasiun MRT

Stasiun Jakarta Selatan

Yang pertama ada stasiun MRT yang ada di Jakarta Selatan, Mass Rapid Transit atau yang biasa di sebut juga dengan MRT adalah sistem transportasi rel angkutan cepat yang ada di daerah Jakarta.

Dengan pembangunan pertama kali pada tahun 2013 lalu, jalur pertama layanan MRT Jakarta baru mulai dioperasikan tanggal 24 Maret 2019.

Oh iya, jalur MRT ini mempunyai total panjang rute sejauh kurang lebih 15km yang menghubungkan Stasiun Lebak Bulus sampai dengan Stasiun Bundaran HI.

Dengan total stasiun mencapai 13 stasiun, yuk kita cek stasiun MRT yang ada di Jaksel.

  • Stasiun Lebak Bulus Grab
  • Stasiun Fatmawati Indomaret
  • Stasiun Cipete Raya
  • Stasiun Haji Nawi
  • Stasiun Blok A
  • Stasiun Blok M BCA
  • Stasiun ASEAN
  • Stasiun Senayan
  • Stasiun Istora Mandiri
  • Stasiun Bendungan Hilir
  • Stasiun Setiabudi Astra

2. Stasiun KRL di Jaksel

Stasiun Jakarta Selatan

Yang selanjutnya ada Stasiun KRL yang gak kalah keren dan juga gak kalah reliable nya untuk akomodasi kamu dari ataupun menuju ke Jakarta Selatan.

KRL Commuter Line atau yang biasa disebut juga sebagai KRL adalah moda transportasi umum berbasis kereta listrik yang di kelola oleh PT. Kereta Api Indonesia (KAI).

KRL juga menjadi salah satu moda transportasi umum tertua yang ada di Indonesia, lho! Dengan pengeoperasiannya di Jakarta yang sudah ada sejak tahun 1925 lalu oleh perusahaan kereta api Hinda-Belanda Staatsspoorwegen.

Tepatnya pada 6 April 1925, KRL pertama kali beroperasi yang saat itu masih di kenal sebagai Elektrische Staatsspoorwegen.

Baru seiring berjalannya waktu banyak terjadi perubahan nama dan perkembangan rute, dan pada 20 September 2017 KRL Commuter Line beroperasi seperti yang kita tau sampai sekarang.

KRL Commuter line mempunyai total panjang sistem lintasan sejauh kurang lebih 418km dan memiliki total 97 stasiun yang tersebar di daerah Jabodetabek.

Nah, buat kamu yang mau ke Jakarta Selatan, langsung aja kita cek apa aja sih stasiun di Jakarta Selatan?

  • Stasiun Kebayoran
  • Stasiun Pasar Minggu
  • Stasiun Pasar Minggu Baru
  • Stasiun Manggarai
  • Stasiun Tebet
  • Stasiun Tanjung Barat
  • Stasiun Duren Kalibata
  • Stasiun Lenteng Agung
  • Stasiun Cawang
  • Stasiun Universitas Pancasila
  • Stasiun Pondok Ranji

Nah! Itu dia stasiun-stasiun yang bisa kamu sambangi kalo lagi main ke daerah Jakarta Selatan menggunakan MRT ataupun KRL.

Dengan mudah dan murahnya transportasi ini, kayanya gak ada alesan lagi deh buat kamu gak hangout di daerah yang satu ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bacaan Populer!

Kategori