Daftar Stasiun di Tangerang Beserta Alamatnya

Daftar stasiun di Tangerang ini khusus En’s Min kasih untuk kamu yang mau jalan-jalan ke kota yang mempunyai julukan Kota Benteng ini menggunakan moda transportasi KRL!

KRL memang menjadi moda transportasi umum andalan khususnya untuk warga Jabodetabek, hal ini gak lepas dari harga yang terjangkau dan jangkauan rute yang luas.

Nah, rute dari KRL juga termasuk ke daerah kota Tangerang, jadi buat kamu yang mau jalan-jalan ke Tangerang pake KRL, yuk kita simak daftar stasiun dan juga alamat lengkapnya!

Daftar Stasiun di Tangerang

Di daerah Tangerang sendiri memiliki 3 buah stasiun yang terhubung satu sama lain lewat jalur yang biasa di kenal dengan Brown Line atau rute coklat KRL.

Nah, dengan mempelajari jalur dan juga stasiun kereta yang ada di Tangerang, kamu gak perlu lagi takut untuk nyasar nih kalo memang mau main ke daerah Tangerang naik KRL!

Yuk langsung cek aja bareng-bareng daftarnya yang udah En’s Min ulas khusus untuk kamu!

1. Stasiun Tangerang

Stasiun Tangerang

Yang pertama ada Stasiun Tangerang, stasiun ini termasuk stasiun kereta api besar berkelas C yang berlokasi di Sukarasa, Tangerang.

Dengan ketinggian kurang lebih 15m stasiun ini hanya melayani KRL Commuter Line.

Stasiun yang di bangun pertama kali pada tanggal 5 Juli 1896 dan diresmikan pada tanggal 2 Januari 1899 ini pertama kali di gunakan untuk mengangkut hasil pertanian, kebutuhan militer, dan penumpang.

Dengan total panjang jalur sejauh kurang lebih 19km, stasiun ini juga menjadi stasiun kereta api yang letaknya paling barat di jalur KRL Brown Line.

2. Stasiun Tanah Tinggi

Yang ke dua ada Stasiun Tanah Tinggi yang berlokasi di Tanah Tinggi, Kota Tangerang.

Stasiun ini terletak di ketinggian kurang lebih 11m dan hanya melayani untuk kebutuhan KRL Commuter Line.

Sebelumnya, stasiun ini cuma halte kecil yang melayani Kereta Rel Diesel (KRD) di Tangerang. Nah, karena lokasinya yang terlalu dekat dengan Stasiun Poris Plawad, stasiun ini akhirnya di non-aktifkan.

Baru setelah pembangunan jalur ganda yang selesai pada tanggal 8 Juni 2014, stasiun ini di tingkatkan dan akhirnya pada 16 Juni 2015 stasiun ini di aktifkan kembali.

3. Stasiun Poris Plawad.

Stasiun Tangerang

Siapa sih yang gak tau Stasiun Poris Plawad? Buat kamu warga Tangerang pasti tau kusut dan macetnya jalanan di stasiun ini apalagi pas rush hour.

Nah, fyi stasiun ini sebenernya punya nama resmi Stasiun Batu Ceper, tapi warga setempat lebih mengenalnya dengan sebutan Stasiun Poris.

Dan sedikit trivia lagi buat kamu, meskipun mempunyai nama resmi Stasiun Batu Ceper, stasiun ini sebenernya gak berlokasi di Kecamatan Batu Ceper, lho tapi terletak di sebelah selatan dari kecamatan tersebut.

Bangunan Stasiun Poris terdiri atas dua bagian, yaitu sisi selatan yang dikelola oleh KAI Commuter dan sisi utara yang dikelola oleh KAI Bandara.

Awalnya stasiun ini cuma memiliki satu bangunan dan memiliki dua jalur kereta api yang keduanya di gunakan untuk melayani KRL Commuter Line.

Nah, baru pada tanggal 26 Desember 2017 KRL untuk melayani rute ke Bandara Soekarno-Hatta di resmikan, dan pada 18 Juli 2019, kedua bangunan tersebut terhubung dengan jembatan layang.

Nah itu dia daftar stasiun di Tangerang untuk membantu kamu yang mau jalan-jalan ke Kota Benteng.

Jangan lupa untuk selalu hati-hati dan jaga barang bawaan kamu selama menaiki transportasi umum ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bacaan Populer!

Kategori